Oleh Choirunnisa Asti M

Kamu pernah dengar pepatah hidup yang tidak dipertaruhkan maka tidak akan pernah dimenangkan, bukan? Lalu pertaruhan seperti apa sih yang sebenarnya kita perlukan dan bagaimana cara menyusun strategi dalam mempertaruhkan hal tersebut? Selama lima menit ke depan kita akan bahas cara bagi remaja dalam setting goals mereka agar mencapai kesuksesan.

Set goal merupakan kunci penting untuk merealisasikan impian dan target dalam hidup. Proses goal setting adalah seperti kompas yang memberikan arah dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Pentingnya goal setting terutama terlihat dalam konteks karir dan pendidikan, di mana hal ini membantu seseorang untuk menetapkan arah yang jelas dan memberikan dampak positif dalam pengembangan karir dan pendidikan mereka.

Berikut adalah beberapa tahapan penting dalam melakukan set goal yang perlu diimplementasikan untuk mencapai tujuan dengan lebih mudah:

1. Menetapkan Tujuan Bekerja

Sebelum memulai karier, penting untuk memiliki tujuan dan visi jangka panjang yang dapat memotivasi dan memberikan arah dalam pekerjaan, bukan hanya sekadar fokus pada aspek finansial. Pekerjaan yang baik adalah yang memiliki tujuan yang jelas. Hal ini tentunya juga akan meningkatkan motivasi seseorang dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Tanpa tujuan yang jelas tentu akan membuat bingung terkait hal apa yang akan dicapai dan siapa yang diberikan tanggung jawab dalam menyelesaikannya.

2. Menggunakan Konsep SMART

Konsep SMART, yang meliputi Specific, Measurable, Realistic, dan Timely, membantu dalam membuat tujuan yang jelas, terukur, realistis, dan memiliki tenggat waktu yang disepakati untuk mencapainya. Tujuan tidak hanya harus terbaik tapi harus realistis. Jika tujuan tidak dapat dicapai maka akan membuat tertekan bagi yang menjalaninya. Tujuan juga tidak boleh terlalu rendah, sehingga akan menurunkan motivasi bagi yang melaksanakannya.

3. Membuat Rencana Menggapai Goal

Rencana yang jelas dan terperinci membantu dalam mengimplementasikan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan menjaga motivasi tetap tinggi. Rencana hendaknya harus berurut dan bertahap sehingga tujuan perlahan dapat tercapai.

4. Membuat Target Tertulis

Menuliskan target secara tertulis membantu agar tujuan tersebut selalu diingat dan meningkatkan semangat untuk mencapainya. Kamu bisa manfaatkan dinding kamarmu atau notes di handphone mu sebagai tempat menuliskan tujuan sehingga selalu teringat dan menambah semangat untuk mencapainya.

5. Praktik dan Evaluasi

Melakukan praktik sesuai dengan rencana yang telah dibuat, serta melakukan evaluasi berkala untuk mengevaluasi kemajuan dan mengidentifikasi langkah-langkah yang perlu diperbaiki. Evaluasi sebaiknya rutin dilakukan sebab dengan itu kamu bisa memperbaiki rencana atau langkah yang kurang tepat dalam mencapai tujuan tersebut.

Goal setting ini harus dilakukan secara konsisten dan penuh semangat untuk memastikan bahwa tujuan-tujuan dapat tercapai dengan sukses. Jadi bagaimana masih mau abai terhadap goal setting? Kamu sudah terencana jika kamu tau apa tujuan kedepannya.