Penulis: Choirunnisa Asti M

Kayanya yang dibutuhin remaja kaya kita gini 4 sehat 5 miliar aja gak sih? Tapi, dapatnya dari mana ya? Eits, lima menit ke depan kita bakal bahas bagaimana caranya jadi pengusaha di usia muda. Jadi remaja jangan mau hanya jadi konsumen tapi kita juga harus jadi produsen, yuk simak tips nya!

Kalau bicara soal nyali dan mental, kayanya masa remaja bisa dibilang jadi masa paling seru untuk mengeksplor banyak hal, apalagi kalo hal tersebut bisa berdampak positif dalam kehidupan kita. Beberapa hal yang banyak kita soroti belakangan ini salah satunya menjadi pengusaha muda. Pengusaha sendiri dapat dimaknai sebagai seseorang yang berusaha dan biasanya dalam bidang perdagangan baik barang atau jasa. Biasanya mereka yang jadi pengusaha muda memiliki jiwa wirausaha yang baik yang mampu memanfaatkan peluang dan menganalisis kondisi pada saat itu.

Kamu bisa menerapkan lima langkah ini untuk mengupgrade diri kamu menjadi seorang pengusaha muda:

1.  Analisis Peluang Usaha di Sekitar

Tentukanlah terlebih dahulu jenis usaha yang akan dijalankan sebagai langkah awal menjadi seorang pengusaha muda yang sukses. Pilihlah usaha yang sesuai dengan minat atau hobi kamu untuk meningkatkan daya tahan bisnis dalam menghadapi persaingan pasar.

2.  Rancang Visi dan Misi dari Usahamu

Bangunlah visi dan misi yang jelas untuk memperkuat usahamu, agar kamu tidak mudah menyerah di tengah jalan. Kamu dapat mencatat visi dan misi ini di tempat yang mudah dilihat, seperti di dinding kamar atau notes di handphone sebagai pengingat.

Visi dan misi yang jelas sangat penting bagi kesuksesan bisnis kamu, karena mereka menentukan tujuan kamu dalam membangun bisnis. Mulailah menerapkan visi dan misi ini sejak usaha kamu masih kecil, untuk membentuk budaya kerja yang baik dan menetapkan target yang jelas.

3.  Branding Usaha Kamu dengan Menarik

Buatlah brand untuk usaha kamu, karena brand akan membantu meningkatkan citra bisnis. Meskipun bisnis kamu masih kecil, brand yang kuat akan membantu bisnis kamu tumbuh lebih besar dari waktu ke waktu, dengan menciptakan identitas bisnis yang kuat. Kamu bisa gunakan nama yang unik dan mudah diingat agar selalu melekat dengan konsumenmu.

4.  Konsisten dan Jangan Mudah Menyerah

Jaga konsistensi dan jangan mudah menyerah saat menghadapi tantangan dalam menjalankan bisnis. Konsistensi dan ketekunan sangat penting untuk kesuksesan seorang pengusaha muda. Jangan biarkan hambatan kecil membuat kamu menyerah dan menghentikan perjalanan bisnismu. Setiap bisnis pasti memiliki pasang surutnya, tugasmu yaitu tahan banting menghadapinya dan selalu berinovasi.

5.  Riset Pesaing Bisnismu

Lakukan riset secara teratur terhadap bisnis pesaing yang memiliki jenis usaha serupa. Riset ini akan membantu kamu memahami pasar potensial, pesaing, dan risiko yang mungkin dihadapi dalam menjalankan bisnismu.

Gimana, mudah bukan untuk menjadi pengusaha muda, tetapi semua tips di atas tidak akan bermakna jika kamu tidak mengeksekusinya, karena sebaik-baiknya rencana adalah yang dijalankan, jadi terus berproses dan jangan patah semangat ya!