Masa remaja adalah masa transisi seseorang menuju dewasa. Di masa inilah, seseorang mulai belajar banyak hal yang kemudian bakalan menjadi bekalnya untuk menjalani masa-masa dewasa nantinya. Nah, salah satu hal yang seharusnya mulai dipelajari di masa remaja adalah keterampilan untuk mengelola keuangan.

Mengapa remaja perlu belajar mengatur uang? Dikutip dari beberapa sumber, remaja perlu belajar mengatur uang agar kelak terbiasa menabung, pandai mengatur keuangan ketika kelak berumah tangga, memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik, melindungi diri dari kejadian darurat/tidak terduga, menjadi pribadi yang mandiri, dan lain-lain.

Dalam mengatur keuangan, salah satunnya kamu bisa lakukan prinsip 50/30/20 seperti dibawah ini : 

Prinsip 50/30/20

Prinsip 50/30/20 pertama kali dicetuskan oleh Senator Elizabeth Warren dan Amelia Warren Tyagi melalui buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan.

Cara menerapkannya, kita menggunakan pendapatan setelah membayar pajak dan membaginya dalam kategori 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan.

Namun disamping itu, berikut ini beberapa tips sederhana tentang bagaimana remaja dapat mengatur keuangannya: 

1. Biasakan membuat catatan keuangan

Biasakan mencatat pemasukan dan pengeluaran. Meskipun tampak sederhana dan sepele, membiasakan diri tertib membuat catatan keuangan dapat sangat membantu kita mengetahui berapa banyak uang yang kita belanjakan, apa saja yang dibeli, pos pembelanjaan mana yang terlalu besar, dll. Sehingga berikutnya kita dapat melakukan evaluasi penghematan.

2. Berusaha hidup hemat

Hemat berarti membelanjakan uang dengan cermat. Banyak cara untuk hidup hemat seperti membawa makanan dari rumah ketika bersekolah, tidak terlalu sering menghabiskan waktu nongkrong di mal atau kafe kekinian, tidak membeli barang hanya karena tidak mau ketinggalan trend, tidak mau kalah dari orang lain, dll.

3. Manfaatkan diskon dan promosi penjualan 

Banyaknya program diskon, promosi penjualan yang ditawarkan penjual adalah saat yang tepat bagi kita untuk membeli barang. Mengapa demikian? Masa diskon dan promosi penjualan adalah kesempatan bagi kita membeli barang yang kita inginkan dengan harga murah, kesempatan membeli barang lebih banyak, lebih bagus dengan harga lebih murah. Dan tentunya diskon yang didapat bisa disisihkan untuk ditabung atau digunakan untuk keperluan lain.

4. Hindari berbelanja secara berlebihan

Berbelanja berlebihan jelas harus dihindari, karena membawa sejumlah kerugian financial. Uang yang harusnya cukup untuk satu bulan bisa jadi habis dalam hitungan hari. Godaan berbelanja berlebihan akan terjadi ketika kita sering berkunjung ke pusat perbelanjaan atau membuka situs belanja online, jadi sebaiknya batasi kunjungan ke pusat perbelanjaan atau berselancar di situs belanja. 

5. Jangan salah pergaulan

Masa remaja adalah masa berteman, bergaul, bersosialisasi. Di satu sisi, sifat remaja juga sangat mudah terpengaruh dengan lingkungan. Pemilihan teman menjadi hal yang sangat penting bagi remaja. Teman yang baik membawa efek yang baik dan sebaliknya.

Tantangannya akan terasa sulit jika berbicara soal keuangan, namun jika kita melatih diri kita dari sekarang, saat dewasa nanti kita tidak perlu kaget bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik dan benar. Kalau versi kamu gimana nih money management yang efektif? 

Sumber :

  1. kompas.com
  2. qmfinansial.com
  3. cewekbanget.grid.id
Rara Zahra
Author: Rara Zahra