Penulis : Choirunnisa Asti M

Kamu pernah merasa kalau 24 jam sehari itu tidak cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan, tugas, atau kegiatan yang sedang kamu lakukan? Bisa jadi time management kamu yang masih kurang tepat. Lima menit ke depan kita akan membahas teknik manajemen waktu yang bagus banget kalau kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi pelajar.

Teknik manajemen waktu ini populer dikenal sebagai metode SMART Goals di mana pertama kali diperkenalkan oleh George T. Doran, seorang konsultan dan mantan Direktur Perencanaan Washington Water Power Company. Doran mempublikasikan teknik ini melalui jurnal “Here’s a S.M.A.R.T. Way to Write Management’s Goals and Objectives”. Meskipun awalnya dikembangkan untuk manajemen proyek, teknik ini kemudian diterapkan secara luas dalam manajemen waktu.

Istilah SMART sendiri merupakan akronim yang merinci langkah-langkah dan prinsip-prinsip manajemen waktu yang ditemukan oleh George. Metode SMART terdiri dari Specific (S), Measurable (M), Achievable (A), Relevant (R), dan Time-bound (T). Lalu bagaimana teknik ini bisa diterapkan bagi pelajar dalam mengatur waktunya? Yuk simak makna dari SMART itu sendiri:

S (Spesifik)

Dalam konteks manajemen waktu, Specific (spesifik) mengacu pada kebutuhan untuk menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik agar proses berjalan lancar. Sebagai contoh, kamu menetapkan tujuan menyelesaikan satu tugas dalam satu hari saja, tentunya hal ini akan memudahkan proses manajemen waktu dan kamu akan lebih fokus mengerjakan hal tersebut sampai selesai.

M (Terukur)

Measurable (terukur) mengartikan adanya kriteria yang ditetapkan untuk menilai peningkatan kinerja dan mencapai tujuan. Sebagai contoh, kamu bisa menetapkan kriteria pencapaian pembelajaranmu jika berhasil mengerjakan 40 soal dalam waktu 2 jam. Tentunya kamu akan mengusahakan hal tersebut harus selesai selama 2 jam bukan? Jadi tidak akan ada waktu terbuang untuk mengerjakan hal lain sampai satu pekerjaan tuntas.

A (Dapat Dicapai)

Prinsip ketiga, Achievable (dapat dicapai), menekankan pada fokus mencari sumber daya yang membantu mencapai tujuan spesifik yang telah ditetapkan. Tujuan harus realistis untuk dapat dicapai dengan menggunakan sumber daya yang tersedia, misalnya kamu dapat memanfaatkan gadget atau hal lain yang dapat menunjang proses belajarmu.

R (Relevan)

Relevant berarti tujuan yang dicapai harus sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, kamu adalah seorang pelajar maka fokuskanlah pekerjaan yang akan kamu lakukan yang berkaitan dengan tugasmu sebagai pelajar, hal ini bisa jadi berkaitan dengan akademik atau non akademik. Jangan terlalu membuang energimu lebih banyak untuk hal lain yang kurang relevan.

T (Terikat Waktu)

Prinsip terakhir dalam metode SMART Goals adalah Time-bound (terikat waktu), yang melibatkan pengaturan tanggal dan waktu mulai suatu kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Adanya batas waktu memberikan motivasi dan memudahkan pengaturan waktu antar tugas. Kamu bisa mulai dengan mengatur prioritas dan membuat to do list dengan batasan waktu sehingga semakin termotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugasmu.

Dengan memenuhi semua prinsip ini, manajemen waktu menjadi lebih efektif, dan tujuan dapat tercapai. Oleh karena itu, teknik SMART Goals sangat umum digunakan karena membuat tujuan lebih terukur dan dapat dicapai dengan lebih mudah. Jadi ayo lakukan, dan buat harimu lebih teratur dengan manajemen waktu yang baik ya!