Pernahkah kamu berpikir bahwa memiliki hubungan pertemanan yang sehat akan berdampak besar bagi hidupmu? Mungkin selama ini kamu hanya menganggap bahwa lingkaran pertemanan hanya sebagai tempat untuk cerita, hangout, dan melakukan hal-hal konyol yang tidak memiliki benefit sama sekali. Namun, semua anggapan itu salah, seperti yang disampaikan oleh Shalnna All bahwa pertemanan yang sehat atau healthy friendship adalah sebuah hubungan yang terbangun atas dasar kesenangan dan kebahagiaan sehingga secara tidak sadar diantara satu sama lain saling memberikan dukungan, menciptakan mutual respect, dan membantu untuk memenuhi kebutuhan satu sama yang lain. 

Ketika kamu masih kebingungan untuk mengartikan pertemanan yang sehat seperti apa, mungkin beberapa tanda berikut dapat membuatmu berpikir kembali apakah pertemanan yang sedang kamu bangun benar-benar sehat atau tidak. Pertama, ketika kamu berada dalam lingkaran pertemanan yang sehat maka kamu akan memiliki keinginan untuk berbagi tentang apapun yang sedang kamu alami, baik itu hal sedih atau bahagia. Kedua, kamu akan tidak sungkan untuk meminta pertolongannya ketika kamu butuh bantuan. Ketiga, kamu merasakan kenyamanan ketika menghabiskan waktu bersama. Keempat, kamu merasa memiliki satu visi yang sama sehingga terhubung. Kelima, kamu merasa didukung atas seluruh tindakan yang kamu lakukan. Keenam, kamu merasa dihargai dalam lingkaran pertemanan tersebut. Ketujuh, yang paling penting adalah kamu bisa menjadi dirimu sendiri. 

“A Healthy Relationship Will Never Require You to Sacrifice Your Friends, Your Dreams, or Your Dignity”

-Dinkar Kalotra-

Kamu dapat dapat membayangkan bahwa betapa beruntungnya ketika kamu berada di tengah-tengah lingkungan pertemanan yang sehat. Dengan berada di lingkungan yang sangat supportif, saling menghargai, dan bahkan selalu ada ketika membutuhkan maka akan menjadi bekal utama untuk kamu menggapai masa depanmu. Tentu saja, proses untuk menggapai masa depan tidak akan berjalan dengan mulus, ada jatuh bangun yang kamu alami. Bagi kamu yang ada dalam lingkungan pertemanan yang sehat maka akan sangat menguntungkan ketika kamu merasa jatuh, membutuhkan pertolongan, dukungan, dan kepercayaan maka disaat itulah teman-temanmu ada. Lantas, bagaimana halnya dengan kamu yang belum berada di lingkungan pertemanan yang sehat?

Kamu tidak harus menunggu untuk mendapatkan lingkungan pertemanan yang sehat. Kamu juga memiliki andil untuk membangun dan menciptakannya. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membangun hubungan tersebut, yaitu Pertama, saling terbuka satu sama lain akan membantu kamu dan teman-temanmu untuk terkoneksi satu dan lainnya. Kedua, kamu dapat memulai untuk memberikan dukungan atas segala tindakan yang temanmu lakukan. Ketiga, berani untuk mengakui kesalahan karena salah satu yang terpenting dari lingkungan pertemanan adalah dengan jujur satu sama lain. Keempat, menghargai satu sama lain yang dapat kamu mulai sesederhana memberikan apresiasi terhadap pencapaian yang didapatkan temanmu atau sikap menghargai yang lainnya. 

Langkah-langkah itu dapat kamu lakukan dengan mudah, tetapi harus dengan komitmen yang kuat. Membangun pertemanan yang sehat dapat disebut sebagai salah satu investasi terbaik yang akan pernah kamu buat di dalam hidupmu. Dengan lingkaran pertemanan tersebut, kamu juga akan terbantu untuk dipermudah dalam mencapai masa depan. 

I Putu Arya Aditia Utama
Author: I Putu Arya Aditia Utama

Sekretaris Biro Perencanaan dan Pengembangan Program