Penulis : Sarmila wati


Dalam kehidupan saat ini, pemuda dihadapkan pada berbagai keuntungan dan tantangan. Kemajuan teknologi, modernisasi, dan globalisasi menjadi tantangan serius yang harus dihadapi. Banyak yang mengatakan bahwa pemuda adalah pewaris tongkat estafet Pembangunan dan perjuangan bangsa, serta menyatakan bahwa masa depan bangsa ada di tangan para pemuda. Hal ini menunjukkan bahwa pemuda memiliki potensi luar biasa, namun beberapa pemuda mungkin mengalami kesulitan dalam menghadapi tantangan zaman karena kurangnya pemahaman dan kesadaran tentang potensi yang dimiliki.

Peran seorang panutan sangat penting dalam membentuk pikiran dan hati para pemuda, tak peduli apakah itu tokoh terkenal dalam Sejarah, pemimpin, artis, atau anggota keluarga. Pengaruh dari panutan tersebut melampaui rasa kagum belaka. Bahkan mereka mampu mempengaruhi hati generasi penerus dalam berbagi aspek kehidupan. Dengan demikian, peran panutan sangat penting  tentunya dalam membentuk pikiran dan hati generasi muda untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah.

Kehadiran tokoh teladan yang positif dapat memicu semangat juang di hati para pemuda. Entah itu melihat pencapaian tokoh teladan dalam bidang yang mereka pilih atau mengagumi kontribusi mereka yang berbuat baik kepada masyarakat, para pemuda seringkali merasa termotivasi untuk meniru kesuksesan dan dampak dari tokoh teladan mereka. Melalui peniruan ini, mereka menetapkan tujuan yang lebih tinggi tentunya, mengejar pendidikan dengan semangat, dan bercita-cita untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi komunitas dan dunia secara luas.

Tapi, kita harus tau teman-teman bahwa pemilihan panutan yang baik dapat membentuk perkembangan psikologis yang sehat pula pada diri kita. Memilih panutan yang baik adalah langkah penting dalam membentuk diri kita.  Ikutin  beberapa cara ini untuk memilih tokoh panutan yang bisa membantu kamu :

  1. Kenali Seseorang yang Sudah Kamu Kenal

Memilih orang yang sudah dikenal dapat membantu kamu berkembang. Tokoh panutan yang dikenal dapat memberikan arahan, nasihat, dan contoh nyata. Mereka membantu membentuk karakter dan membimbing menuju kesuksesan.

  1. Identifikasi dahulu Nilai dan Tujuan

Dengan mengidentifikasi nilai-nilai dan tujuan hidup kamu seperti, apa yang kamu anggap penting?, Apa yang sebenarnya ingin kamu capai dalam karier?, atau bidang lainnya?
Mengetahui nilai-nilai dan tujuan kamu akan membantu dalam mencari panutan yang sejalan dengan visimu!

  1. Perhatikan Kebiasaan buruk dan Aspek Negatif

Kenali kebiasaan buruk atau aspek negatif diri sendiri, hal ini berperan penting dalam menentukan bagaimana kamu ingin merubah dirimu. Pilih tokoh panutan yang memiliki sifat-sifat yang ingin kamu miliki juga.

  1. Yakin pada diri sendiri

Memilih tokoh panutan bertujuan memotivasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Tumbuhkan keyakinan pada diri sendiri dan kemampuan untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

  1. Amati Mereka yang Menginspirasi 

Terakhir, coba perhatikan orang-orang di sekitar kamu. Apakah ada pesan yang mereka sampaikan melalui tindakan mereka? Mungkin saja, tokoh panutan hebat ada di lingkungan sekitar kamu.


Pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam membangun masa depan bangsa. Dalam perjalanan kehidupannya, pengaruh dari panutan memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan arah tujuan pemuda. Sebagai seorang panutan, kamu memiliki potensi besar untuk memberikan inspirasi dan arah yang dapat membantu pemuda dalam mengahadapi tantangan serta mencapai kesuksesan. Dalam kehidupan sehari-hari pemuda seing kali terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya, Oleh karena itu, menajdi seorang pantuan yang memberikan contoh positif dan penuh inspirasi dapat bernilai penting dalam hidup mereka.

GenRe Indonesia
Author: GenRe Indonesia

SAATNYA YANG MUDA YANG BERENCANA!